fbpx

3 Tingkatan Karyawan dalam Employee Engagement

 

 

 

 

 

 

Banyak tempat kerja yang tidak mementingkan employee engagement.. mereka hanya berorientasi pada target pencapaian hasil, misalnya target penjualan, KPI dll, sehingga karyawan dipenuhi dengan suasana kompetisi yang “tidak atau kurang” sehat.

Belum lagi rasa perbedaan, cemburu atau iri hati, saling tidak percaya, dan masih banyak lagi.

Linkungan kerja seperti ini pastinya amat tidak sehat dan akan menjadi cikal bakal penyebab besar karyawan tidak terlibat atau “Disengaged” yang pada akhirnya akan menjadi sebuah bencana besar pada organisasi atau perusahaan tersebut karena disebabkan oleh banyaknya karyawan tidak merasa “connected” dengan pekerjaan serta organisasi atau perusahaan dimana mereka bekerja.

Menurut Gallup (2004), ada tiga tingkatan engagement pada karyawan, yaitu:

 

Engaged

Karyawan yang engaged adalah seorang pembangun (builder), mereka merupakan karyawan yang bekerja dengan passion dan menemukan hubungan yang erat dengan perusahaannya. Mereka selalu menunjukkan kinerja dengan level yang tinggi.

Karyawan ini akan bersedia menggunakan bakat dan kekuatan mereka dalam bekerja setiap hari serta selalu bekerja dengan gairah dan selalu mengembangkan inovasi agar perusahaan berkembang. Mereka selalu menunjukkannya dengan inovasi untuk memajukan perusahaan.

 

Disengaged

Karyawan dalam tipe ini cenderung fokus terhadap tugas dibandingkan untuk mencapai tujuan dari pekerjaan itu. Mereka selalu menunggu perintah dan cenderung merasa kontribusi mereka diabaikan. 

Karyawan ini sebenarnya sudah “check out” dari perusahaan. Mereka bekerja hanya sebatas asal hadir, menghabiskan waktu tanpa memberikan passion atau energi dalam bekerja.

 

Actively Disengaged

Karyawan tipe ini adalah penunggu gua (cave dweller). Mereka secara konsisten menunjukkan perlawanan pada semua aspek. Mereka hanya melihat sisi negatif pada berbagai kesempatan dan setiap harinya, tipe actively disengaged ini melemahkan apa yang dilakukan oleh pekerja yang engaged.

 

Lalu, Bagaimana dengan linkungan tempat kerja Anda??

 

Lebih jauh tentang solusi Employe Engagement

Leave a Comment