fbpx

Apa itu Employee Engagement??

 

 

 

 

 

Pastinya kita sudah sering mendengar mengenai employee engagement, namun pernahkah kita mencoba untuk mengetahuinya lebih jauh??

Employee engagement dipercaya dapat mendorong kinerja seseorang atau individu, tim dan semua yang terlibat dalam sebuah organisasi, dalam hal ini bisa perusahaan atau kelompok.

 

Apa sih sebenarnya employee engagement itu?

Istilah employee engagement pertama kali diperkenalkan oleh Kahn (1990), beliau menyatakan bahwa employee engagement sebagai keterikatan anggota organisasi dengan organisasi itu sendiri bukan hanya secara fisik, kognitif tetapi bahkan secara emosional dalam hal kinerjanya.

Dalam literatur akademik ada banyak definisi yang menjelaskan arti dari employee engagement. Ada yang mendefinisikan employee engagement sebagai bentuk keterlibatan individual dan kepuasannya serta sebagai bentuk antusiasme dalam melakukan pekerjaan.

Jujur.. mendefinisikan employee engagement dengan perbendaharaan kata Bahasa Indonesia tidaklah mudah.. karena tidak ada satupun kata yang paling tepat untuk mewakili kata employee engagement, termasuk keterlibatan & keterikatan.

Employee engagement adalah sebuah pendekatan di tempat kerja yang bisa menghasilkan kondisi yang tepat bagi seluruh anggota organisasi agar bisa memberikan yang terbaik setiap harinya, berkomitmen terhadap tujuan dan nilai organisasi, serta termotivasi untuk berkontribusi dalam kesuksesan organisasi dengan kesadaran akan manfaatnya bagi diri sendiri.

Walaupun sebetulnya sudah ada konsep serupa seperti komitmen organisasi (organizational commitment) (Meyer & Allen, 1991), kepuasan kerja atau job satisfaction yang sudah lebih dahulu ada (Smith et al, 1969). 

Employee engagement kemudian lebih dipopulerkan oleh kelompok konsultan peneliti menamakan dirinya Gallup pada tahun 2004 dengan berbagai hasil survey-nya.

Lebih lanjut, employee engagement dijelaskan sebagai sebuah konsep yang dinilai dapat mengatur upaya-upaya karyawan yang sifatnya sukarela, yaitu ketika karyawan memiliki pilihan-pilihan, mereka akan bertindak lebih jauh untuk kepentingan organisasi mereka. Karyawan yang “engaged” adalah seorang yang terlibat penuh dalam pekerjaannya dan sangat antusias terhadap pekerjaan.

Walaupun beberapa ahli masih memperdebatkan definisi employee engagement masih tumpang tindih dengan konsep lainnya. Namun ada satu benang merah yang disepakati bahwa employee engagement sangatlah penting dalam organisasi dan sangat erat kaitannya dengan kinerja.

Karena Employee engagement merupakan komitmen emosional seorang karyawan terhadap tempat mereka bekerja serta tujuan dari sebuah perusahaan, maka pada tingkat ini karyawan akan benar-benar peduli terhadap kemajuan, goal atau tujuan sebuah perusahaan serta kualitas kerja yang mereka hasilkan.

 

 

Jika karyawan merasa dihargai, dimana perasaan mereka adalah bagian dari sebuah perusahaan itu sendiri dan memiliki hubungan yang lebih kuat dan jika terus memiliki perasaan tersebut dalam jangka waktu yang lama, maka pada pada akhirnya akan membawa beberapa keuntungan untuk kedua belah pihak, baik perusahaan atau organisasi maupun karyawan atau anggota atau tim dari organisasi tersebut, seperti mendorong engagement, moral, loyalitas serta produktivitas ke tempat yang lebih tinggi dll.

Nah, sekarang karena anda sudah mengenal tentang employee engagement.. Jadi tunggu apa lagi, segera tingkatkan employee engagement bagi karyawan Anda!

 

Mengenal lebih jauh tentang solusi employee engagement..

 

Leave a Comment