fbpx

Krisis Employee Engagement Dunia

 

 

 

 

 

Krisis...

Dunia saat ini sedang mengalami krisis keterlibatan karyawan (employee engagement), dengan dampak yang sangat serius dan berpotensi pada ekonomi global.

Meskipun perusahaan dan pemimpin di seluruh dunia mengakui keuntungan dari membuat karyawan terlibat (Engaged) dan bahkan telah banyak yang telah melembagakan survei untuk mengukurnya, namun sayang keterlibatan karyawan hampir tidak beranjak dalam lebih dari satu dekade.

 

Statistik ..

Menurut penelusuran Harian Gallup, hanya 32% karyawan di AS terlibat sepenuhnya (fully engaged), yang artinya mereka sangat antusias dan berkomitmen terhadap pekerjaan dan tempat kerja mereka.

Namun di seluruh dunia hanya 13% dari karyawan yang bekerja untuk sebuah organisasi atau perusahaan yang terlibat (engaged).

Di Indonesia, lebih "hebat" lagi.. persentase karyawan yang terlibat (engaged) sangat rendah, hanya 8%.

 

 

Dampaknya...

Pekerja yang tidak terlibat (disengaged) dapat merugikan organisasi atau perusahaan dimana mereka bekerja.

McLean & Company menemukan bahwa karyawan yang tidak terlibat (disengaged) dapat membebani organisasi / perusahaan tersebut sekitar $ 3,400 untuk setiap $ 10.000 dalam gaji tahunan.

Bahkan faktanya, karyawan yang tidak terlibat (disengaged) membebani ekonomi Amerika hingga $ 350 miliar per tahun karena kehilangan produktivitas.

 

Bagaimana dengan Indonesia?? 

Hmm.. Saatnya melakukan sesuatu.. Bagaimana menurut Anda??

 

Lebih jauh tentang solusi Employe Engagement

Leave a Comment